Apakah yang dimaksud dengan Web Science? Menurut struktur katanya, Web Science terdiri atas kata "Web" dan kata "Science", dimana kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda. Bila di artikan ke dalam bahasa indonesia Web Science artinya adalah Jaring Pengetahuan. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan "Web Science".
Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web, Web Science dapat diunduh melalui internet dengan lebih memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Pada jaman sekarang web dapat diakses dimana saja dan kapan pun dengan handphone atau gadget yang mungkin sudah bahkan hampir setiap orang memilikinya, hanya dengan koneksi memiliki internet kita dapat menelusuri web dengan mudah dan cepat tanpa perlu berada di depan komputer.
Sejarah Web
Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee,
sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada
tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan
tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia
bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah
server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk
menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protocol HTTP
yang disebut sebagai Server HTTP seperti Apache HTTP, atau internet Information
Service (IIS).
Versi Web
1. Web 1.0
Web 1.0 merupakan
teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan
pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer,
aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih
berupa bahasa HTML saja.
2. Web 2.0
Web 2.0 muncul
sekitar tahun 2003 atau 2004, dimana para pengguna website-pun dapat
berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut
O’Reilly media):
* The Web as Platform
(Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung dikerjakan di media internet
tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di windows desktop).
* Harnessing
Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk memanfaatkan
tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak hanya
webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube).
* Data is the Next
Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para pemberi data
kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah penting dan harus
di update setiap waktu).
* End of the Software
Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat langsung digunakan
lewat internet/internet menjadi platform menjalankan program).
* Lightweight
Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan
mendukung pengembagan program).
3. Web 3.0
Web ini diperkirakan
akan berkembang pada tahun 2010-2020 dan saat ini masih dalam tahap
pengembangan.
Menurut PC magazine karakteristik dari web 3.0 adalah :
* Semantic Web
(web dengan kemampuan membaca situs semudah manusia membacanya sehingga
informasi dapat disajikan dengan cepat dan tepat).
* The 3D Web (web
dengan kemampuan visual 3D dan interaksi secara realtime).
* The Media-Centric
Web (Photo, audio, dan video akan
menjadi cara lain untuk mencari informasi yang kita inginkan selain keyword).
* The Pervasive Web
(Web yang mudah diakses dengan berbagai cara dan alat berbeda kapan saja dan
dimana saja).
Hypertext
Dalam komputer, hypertext adalah paradigma interface pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih hiperlink menyebabkan komputer menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat singkat.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dikonstruksi dengan baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif.
FTP
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan
perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah
sebuah Windows Service atau
daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons
perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat
digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port)
untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk
mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server
dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP
nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk
mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan
pengunduhan dan penggugahan.
Arsitektur Web dan
Aplikasi Utamanya
Arsitektur Web Science atau Website
adalah suatu pendekatan terhadap desain dan juga perencanaan situs yang seperti
arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional.
Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan
kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web,
rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur
web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang
bagaimana sebuah situs Web tersebut terkait dengan World Wide Web. Sejak web
perencanaan isi, desain dan manajemen datang dalam lingkup metode desain,
Vitruvian tradisional tujuan komoditas, keteguhan dan kesenangan dapat memandu
arsitektur situs, seperti yang mereka lakukan pada arsitektur fisik dan
disiplin desain lainnya.
Bagian dari Arsitektur Web :
1. Hypertext Transfer
Protocol ( HTTP )
2. WWW ( World Wide
Web )
3. URL ( Universal
Resource Locator )
4. XML ( Extensible
Markup Language )
5. JavaScrip
6. AJAX
Beberapa Aplikasi Utamanya :
1.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
adalah Sebuah protokol jaringan yang protocol aplikasinya digunakan untuk
sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dddan sudah menggunakan
hipermedia.
2.
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah
sebuah bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang
terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan
memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri
dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun
audio-video.
3.
Web browser adalah sebuah progam
yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga
dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer,
Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
4.
Internet adalah sebuah jaringan
komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh
dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil,
jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi
tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
5.
User Generated Content adalah Singkat
dari UGC, yang dikenal juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created
content (UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk
umum, yang diproduksi oleh end-user. Kemajuan teknologi web memungkinkan konten
website tidak lagi dimonopoli oleh pengelola, melainkan dapat dibuat oleh para
penggunanya. UGC merupakan salah satu ciri dominan Web 2.0. MediaWiki adalah
salah satu contoh aplikasi web yang menyediakan fitur UGC.
6.
Blog adalah singkatan dari web log
adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat
dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih
lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat
diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.
7.
Wiki adalah Sebuah situs web (atau
koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah
atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada
software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu,
dan lain-lainnya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar