Blender adalah
program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh
penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender
memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang
dihasilkan tidak ada sifat royalti kepada
developer, dan dapat dipublikasikan baik free
maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D
dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri
dibandingkan program modeling 3D lainnya.
Keunggulan Blender 3D
- Interface yang user friendly
dan tertata rapi.
- Tool untuk membuat
objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV
mapping,
- texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan
simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan
game creation.
- Cross Platform, dengan uniform
GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
- bisa anda gunakan untuk semua
versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang
lainnya.
- Kualitas arsitektur
3D yang berkualitas tinggi dan bisa
dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
- File Berukuran kecil.
- Free (gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat
suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik. Itu semua saya tuangkan
kedalam buku tutorial ini, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.
Cara
membuat “Moku”
Delete cube yang ada
pada layar kerja awal pada Blender dan buat UV Sphere (Create > UV Sphere).
Berikut tampilan UV
Sphere yang telat dibuat :
Kemudian seleksi
separuh lingkaran yang diatas (menggunakan tombol C ataupun B), seperti gambar
berikut :
Kemudian tekan E untuk fungsi
Extrude untuk membuat nya menjadi seperti kapsul, seperti berikut :
Setelah itu, saya akan
menghapus separuh lingkaran yang berada dibawah, seleksi bagian bawah kapsul
(dapat menggunakan C ataupun B).
Saya akan menambahkan Face
pada bagian bawah, seleksi vertex bagian bawah objek dan tekan F, seperti
gambar dibawah :
Setelah itu, saya akan
membuat tangannya, namun sebelum itu saya akan memperbanyak edge pada badan
objek, dengan CTRL + R, seperti berikut :
Setelah itu pilih face dan ‘Add Modifier’ dan
pilih ‘Mirror’ kemudian extrude sampai membentuk lengan, seperti gambar berikut
:
Kemudian saya akan
memperhalus bagian lengannya, dengan menggunakan fungsi : Ctrl + R, G (Grab).
Berikut adalah lengan atas :
Setelah itu saya
membuat lengan bawah, dengan menggunakan fungsi yang sama, berikut hasil lengan
bawah :
Setelah itu membuat
kukunya, dengan cara memilih vertex seperti yang ada pada digambar, dan
kemudian tekan G + Y (Grab dan titik focus pada sumbu Y).
Hasil dari Grab + Y :
Kemudian saya akan membuat sayap dibagian punggungnya,
dengan mengextrude bagian punggungnya.
Berikut hasil pembuatan
sayap (terlanjur sampai jadi, terdapat fungsi individual extrude, grab) :
Sekarang saya akan
membuat telinga kucing pada bagian kepala nya, dengan kombinasi fungsi Extrude,
Grab.
Extrude pada telinga :
1. Mengextrude pada
bagian kepala :
2. Mengextrude agar menjadi
lubang telinga :
3. Memperhalus pada bagian
ujung-ujung telinga :
Kemudian saya akan memberikan
mata dengan menggunakan objek ‘Circle’, seperti berikut :
Rotasikan ‘Circle’ pada sumbu
X dengan kemiringan 90 derajat, kemudian diletakkan pada depan objek, seperti
gambar berikut :
Karena saya menambahkan
‘Circle’ dalam ‘Edit Mode’ maka otomatis ‘Circle’ tersebut juga terkena efek
modifier ‘Mirror’, kemudian extrude ‘Circle’ tersebut pada sumbu Y.
Kemudian Extrude kembali
sedikit saja, dan setelah itu tekan S untuk diperkecil, seperti pada gambar
berikut :
Setelah itu posisikan
‘Circle’ tersebut agar terlihat seperti mata.
Setelah itu saya akan membuat
mulutnya, dengan menyeleksi face kemudian extrude ke dalam.
Disini saya akan menggunakan
fungsi subdivide, dengan menekan tombol W, pilih Subdivide
Kemudian tekan W kembali dan
pilih Smooth.
Kemudian extrude hasil
seleksi tersebut ke dalam
Selanjutnya adalah mewarnai
objek dengan menggunakan ‘Material’, pertama saya akan mewarnai tubuh objek
tersebut, disini saya akan menggunakan beberapa material, berikut material yang
saya gunakan :
-
Badan - Kuku - Tangan
-
Mata & Mulut - Baju
-
Sayap 1, 2, 3, 4 - Kepala
-
Strip Baju - Alis
Hasil
dari pewarnaan ‘Material’ :
Selanjutnya
adalah membuat tulang atau disebut Armature pada blender, pilih Create >
Armature (pada object mode).
Letakkan
‘Armature’ pada bagian dalam dan berada di tengah objek, untuk mempermudah
gunakan Z untuk membuat objek transparan, seperti berikut :
Kemudian
pilih bagian ujung atas ‘Armature’ kemudian tekan tombol E untuk membuat
armature baru
Teruskan
langkah tersebut sampai terbentuk ‘Armature’ seperti berikut :
Setelah
itu pilih Objek beserta Armature, kemudian tekan Ctrl + P dan pilih ‘Armature
Deform’ > ‘With Automatic Weights’
Jika
telah selesai, tekan Ctrl + Tab dan pilih 1 bone untuk mencoba apakah sudah
berhasil untuk menggerakkannya
Yang
terakhir adalah mencoba membuat animasi dengan menggunakan Timeline yang berada
pada bagian bawah
Posisikan timeline pada detik
ke-0 kemudian tekan tombol I dan pilih LocRot untuk merekam Location and Rotate
Saya akan menggunakan
sebanyak 40 Frame, dan melakukan LocRot disetiap 5 detik, berikut posisi objek
disetiap 5 detik :
Detik
0 Detik
5
Detik 10 Detik
15
Detik
20
Detik 25
Detik30
Detik
35
Detik
40
Jika ingin memperhalus objek, pilih objek kemudian
‘Tools’ > ‘Shading’ dan pilih ‘Smooth’, hasil jika smooth :
Alien “Moku” telah berhasil dibuat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar