Jumat, 20 Februari 2015

Tugas Desain Permodelan Grafik 4


                Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat open source, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan  intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak  ada  sifat  royalti  kepada  developer,  dan  dapat  dipublikasikan  baik  free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai  kelebihan  sendiri  dibandingkan  program  modeling  3D  lainnya.

Keunggulan Blender 3D
  • Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  • Tool  untuk membuat  objek  3D  yang  lengkap meliputi modeling,  UV mapping,
  • texturing,  rigging,  skinning,  animasi,  particle  dan  simulasi  lainnya,  scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
  • Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  • bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
  • Kualitas  arsitektur 3D  yang  berkualitas  tinggi dan  bisa  dikerjakan dengan  lebih cepat dan efisien.
  • File Berukuran kecil.
  • Free (gratis).

Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik. Itu semua saya tuangkan kedalam buku tutorial ini, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.
Cara membuat “Moku”
Delete cube yang ada pada layar kerja awal pada Blender dan buat UV Sphere (Create > UV Sphere).


Berikut tampilan UV Sphere yang telat dibuat :

Kemudian seleksi separuh lingkaran yang diatas (menggunakan tombol C ataupun B), seperti gambar berikut :

Kemudian tekan E untuk fungsi Extrude untuk membuat nya menjadi seperti kapsul, seperti berikut :

Setelah itu, saya akan menghapus separuh lingkaran yang berada dibawah, seleksi bagian bawah kapsul (dapat menggunakan C ataupun B).

Saya akan menambahkan Face pada bagian bawah, seleksi vertex bagian bawah objek dan tekan F, seperti gambar dibawah :

Setelah itu, saya akan membuat tangannya, namun sebelum itu saya akan memperbanyak edge pada badan objek, dengan CTRL + R, seperti berikut :

Setelah itu pilih face dan ‘Add Modifier’  dan pilih ‘Mirror’ kemudian extrude sampai membentuk lengan, seperti gambar berikut :

Kemudian saya akan memperhalus bagian lengannya, dengan menggunakan fungsi : Ctrl + R, G (Grab).
Berikut adalah lengan atas :

Setelah itu saya membuat lengan bawah, dengan menggunakan fungsi yang sama, berikut hasil lengan bawah :

Setelah itu membuat kukunya, dengan cara memilih vertex seperti yang ada pada digambar, dan kemudian tekan G + Y (Grab dan titik focus pada sumbu Y).

Hasil dari Grab + Y :

Kemudian saya akan membuat sayap dibagian punggungnya, dengan mengextrude bagian punggungnya.
Berikut hasil pembuatan sayap (terlanjur sampai jadi, terdapat fungsi individual extrude, grab) :

Sekarang saya akan membuat telinga kucing pada bagian kepala nya, dengan kombinasi fungsi Extrude, Grab.
Extrude pada telinga :
1. Mengextrude pada bagian kepala :

2. Mengextrude agar menjadi lubang telinga :

3. Memperhalus pada bagian ujung-ujung telinga :

Kemudian saya akan memberikan mata dengan menggunakan objek ‘Circle’, seperti berikut :

Rotasikan ‘Circle’ pada sumbu X dengan kemiringan 90 derajat, kemudian diletakkan pada depan objek, seperti gambar berikut :

Karena saya menambahkan ‘Circle’ dalam ‘Edit Mode’ maka otomatis ‘Circle’ tersebut juga terkena efek modifier ‘Mirror’, kemudian extrude ‘Circle’ tersebut pada sumbu Y.


Kemudian Extrude kembali sedikit saja, dan setelah itu tekan S untuk diperkecil, seperti pada gambar berikut :

Setelah itu posisikan ‘Circle’ tersebut agar terlihat seperti mata.

Setelah itu saya akan membuat mulutnya, dengan menyeleksi face kemudian extrude ke dalam.




Disini saya akan menggunakan fungsi subdivide, dengan menekan tombol W, pilih Subdivide

Kemudian tekan W kembali dan pilih Smooth.

Kemudian extrude hasil seleksi tersebut ke dalam

Selanjutnya adalah mewarnai objek dengan menggunakan ‘Material’, pertama saya akan mewarnai tubuh objek tersebut, disini saya akan menggunakan beberapa material, berikut material yang saya gunakan :
-          Badan                                                 -              Kuku                                      -  Tangan
-          Mata & Mulut                                    -              Baju
-          Sayap 1, 2, 3, 4                                  -              Kepala
-          Strip Baju                                           -              Alis
Hasil dari pewarnaan ‘Material’ :

Selanjutnya adalah membuat tulang atau disebut Armature pada blender, pilih Create > Armature (pada object mode).

Letakkan ‘Armature’ pada bagian dalam dan berada di tengah objek, untuk mempermudah gunakan Z untuk membuat objek transparan, seperti berikut :

Kemudian pilih bagian ujung atas ‘Armature’ kemudian tekan tombol E untuk membuat armature baru

Teruskan langkah tersebut sampai terbentuk ‘Armature’ seperti berikut :

Setelah itu pilih Objek beserta Armature, kemudian tekan Ctrl + P dan pilih ‘Armature Deform’ > ‘With Automatic Weights’

Jika telah selesai, tekan Ctrl + Tab dan pilih 1 bone untuk mencoba apakah sudah berhasil untuk menggerakkannya
Yang terakhir adalah mencoba membuat animasi dengan menggunakan Timeline yang berada pada bagian bawah

Posisikan timeline pada detik ke-0 kemudian tekan tombol I dan pilih LocRot untuk merekam Location and Rotate
Saya akan menggunakan sebanyak 40 Frame, dan melakukan LocRot disetiap 5 detik, berikut posisi objek disetiap 5 detik :
Detik 0                                                                                                  Detik 5
                                        












Detik 10                                                                                                                Detik 15
                                       










Detik 20                                                                 
                                                                                                       Detik 25
                                             
Detik30                                                                                               
                                                                                                     Detik 35

                                       


Detik 40
 
Jika ingin memperhalus objek, pilih objek kemudian ‘Tools’ > ‘Shading’ dan pilih ‘Smooth’, hasil jika smooth :




Alien “Moku” telah berhasil dibuat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar